Blogger Widgets

Pages

Subscribe:
Rony Syahputra Psikologi Pendidikan

Ads 468x60px

.

Labels

Kamis, 03 Mei 2012

Motivasi

1. Definisi dan Pengertian dari Motivasi
Motivasi adalah energi aktif yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan pada diri sesorang yang nampak pada gejala kejiwaan, perasaan, dan juga emosi, sehingga mendorong individu untuk bertindak atau melakukan sesuatu dikarenakan adanya tujuan, kebutuhan, atau keinginan yang harus terpuaskan.
meg mulai merasa lapar ketika dia melihat ada iklan di televisi tentang makanan yang mengingatkannya bahwa terdapat makanan di dalam kulkasnya dan membuat dia pergi ke dapur untuk makan. Jika motifnya untuk makan tidak teraktivasi, mungkin saja motifnya untuk sukses di sekolah akan membawa dia pada perilaku yang berbeda misalnya untuk membaca buku psikologinya. Dan jika tidak ada motif apapun yang teraktifkan, dia akan tidak melakukan apa-apa, mungking hanya akan duduk atau tidur. Motif merupakan pusat dari hidup kita, mereka membangkitkan dan mengarahkan apa yang kita pikirkan, rasakan, dan lakukan.
Beberapa motif seperti rasa lapar sebagian besar di pengaruhi oleh keadaan fisiologis internal. Seperti yang kita tahu beberapa faktor internal seperti kadar gula dalam darah penting dalam pengaturan rasa lapar. Tetapi beberapa motif lain seperti motivasi untuk sukses hanya sebagian kecil dipengaruhi oleh keadaan fisiologis internal. Dan biasanya pada kebanyakan motif faktor dari eksternal berperan penting. Misalnya, melihat iklan makanan di televisi merupakan faktor eksternal yang menstimulasi rasa lapar; mendengar teman yang sangat khawatir akan ujian akan menjadi faktor eksternal yang akan menstimulasi motifnya untuk sukses dalam ujian tersebut.

2. Motif Utama/Primer : Kebutuhan Biologis
Banyak motif manusia berasal dari kebutuhan akan sesuatu untuk mempertahankan hidup: makanan,air,kehangatan,tempat tinggal, dsb. Kita menganggap ini sebagai motif utama/primer dikarenakan kita harus memenuhi kebutuhan biologis ini untuk hidup. Motif seksual juga di anggap sebagai motif utama/primer, bukan karena kita akan mati jika tidak dipenuhi, tetapi dikarenakan spesies tidak akan dapat berkembang biak dan bertahan jika motif seksual tidak dipenuhi.

3. Homeostasis: Termostat Biologis
Kebanyakan dari motif primer atau utama didasari oleh kebutuhan tubuh untuk mempertahankan tingkat tertentu elemen hidup yang penting: gulda darah yang memadai untuk menutrisi sel-sel, air yang cukup dalam tubuh dsb. Tingkatan-tingkatan penting ini diatur oleh mekanisme homeostasis. Mekanisme ini mendeteksi keseimbangan dalam tubuh dan mengstimulasi sebuah aksi untuk mengembalikannya ke keseimbangan semula. Mekanisme homeostasis dalam tubuh hampir sama cara kerjanya dengan termostat pada sistem pemanas rumah. Ketika temperatur dalam rumah turun melewati level tertentu, termostat mendeteksi hal tersebut dan mengirimkan sinyal pada pemanas rumah untuk memanaskan suhu sampai tingkat yang seharusnya dicapai. Kemudian termostat tersebut akan mengirimkan sinyal pada pemanas untuk mati. Begitu halnya juga dengan tubuh manusia. Ketika tingkat air dalam sel tubuh turun melewati level aman, sinyal kemudian dikirimkan ke ginjal untuk menyerap air tambahan dari urin. Pada saat yang sama sinyal juga dikirimkan ke otak untuk membuat manusia mencari dan meminum air. Mekanisme homeostasis yang sama juga bekerja pada rasa lapar dan pengaturan suhu tubuh.

4. Rasa Lapar: Pengaturan Asupan Makanan
Pusat kontrol biologis dari rasa lapar bukanlah perut yg berbunyi saat lapar. Hal tersebut hanya memainkan peranan kecil dalam pengaturan rasa lapar. Hipotalamus la yang berperan penting dalam motivasi dari rasa lapar. Bagian yang kecil ini tetapi merupakan struktur otak depan yang sangat penting yang terlibat dalam pengaturan berbagai motif dan emosi.
Rasa lapar diatur oleh 3 pusat dalam hipotalamus. Dua dari pusat kontrol hipotalamic ini bekerja secara berlawanan. System makan, dimana sistem ini mengirim sinyal untuk makan ketika makanan diperlukan terletak pada hipotalamus lateral dan sistem kekenyangan yang mengatur kita untuk berhenti makan terdapat pada hipotalamus ventromedial.
Penelitian terhadap tikus laboratorium menunjukkan bahwa ketika hipotalamus lateral (sistem makan) distimulasi, tikus yang sudah sangat kekenyangan akan mulai untuk makan lagi. Jika bagian hipotalamus ini dihancurkan, sebaliknya tikus tersebut akan berhenti makan dan akan mati kelaparan jika tidak diberi makan secara buatan. Kemudian jika hipotalamus ventromedial (sistem kekenyangan) dihancurkan secara operasi. Tikus tersebut akan terus makan sampai keadaan obesitas yang mengejutkan. Hal ini disebut hyperphagia dimana tubuhnya mengalami pertambahan berat 3 kali lipat setelah hancurnya hipotalamus ventromedial tersebut. Tikus-tikus ini tidak makan lebih sering dibanding tikus normal. Tetapi mereka tetap makan untuk jangka waktu yang lama setiap kali mereka makan. Hal ini disebabkan karena hancurnya sistem kekenyangan menghilangkan sinyal homeostasis untuk berhenti makan ketika mereka telah mengkonsumsi cukup makanan.
Bagian ke 3 dari hipotalamus yang berperan dalam pengaturan rasa lapar adalah nukleus paraventikular. Bagian ini dapat meningkatkan dan menurunkan nafsu makan dengan cara mengontrol kadar gula dalam darah

1.Kontraksi pada perut.
Walter Cannon dan A.L  whisburn melakukan sebuah eksperimen yang mengungkapkan asosiasi antara kontraksi perut dengan rasa lapar. Eksperimen yang mereka lakukan dengan relawan membuat mereka percaya bahwa aktivitas lambung merupakan dasar timbulnya rasa lapar.
Sinyal dari perut bukan merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi rasa lapar. Orang-orang  yang telah dioperasi untuk menyingkirkan bagian dari perut tetap merasakan rasa perih akibat rasa lapar. Walaupun perut mungkin berkontraksi untuk menandakan rasa lapar , namun perut juga dapat mengirimkan pesan untuk menghentikan rasa lapar tersebut. Perut yang sudah terisi penuh dapat mengurangi nafsu makan. Bahkan perut sebenarnya mengirimkan pesan pada otak tidak hanya tentang seberapa penuh perut, tetapi juga tentang seberapa banyak kandungan gizi yang ada dalam makanan. Itu sebabnya kenapa makanan kaya nutrisi menghentikam rasa lapar dengan lebih cepat dalam jumlah yang sama dengan mengkonsumsi air. Hormon Cholecystokinin(CCK) membantu awal pencernaan makanan, menghantarkannya ke otak melalui aliran darah dan memberi sinyal untuk menghentikan  makan. Namun rasa lapar melibatkan lebih dari sekadar perut yang kosong.

2.  Senyawa Kimia dalam darah
Ada 3 senyawa kimia yang penting dalam rasa lapar, makan dan rasa puas( yaitu perasaan kenyang),glukosa,insulin dan leptin.
1.Glukosa
Makan adalah proses regulasi pada basis jangka pendek oleh kandungan gula dalam darah. Gula darrah adalah faktor penting dalam rasa lapar karena kemungkinan otak sangat tergantung pada guka untuk energinya. Satu reseptor gula terletak dalam otak, memicu rasa lapar ketika kadar gula dalam darah terlalu rendah. Sekelompok reseptor gula lain ada di liver yang menyimpan kelebihan gula dan melepaskannya kedalam darah bila diperlukan . Reseptor gula dalam liver memberi sinyal kepada otak ktika suplai gula berkurang, dan ini juga memberi pertanda yang membuat seseorang merasa lapar.
2. Hormon Insulin
Hormon insulin menyebabkan kelebihan gula dalam darah disimpan dalam sel-sel sebagai lemak dan karbohidrat. Suntikan insulin menyebabkan rasa lapar yang amat sangat  karena mereka menurunkan kadar gula secara drastis. Junith Rodin telah meneliti peran insulin dan glukosa dalam rasa lapar dan perilaku menyantap makanan . ia menemukan ketika kita makan karbohidrat kompleks , sperti sereal,roti dan pasta maka tingkat insulin meningkat, namun kemudian menurun secara bertahap.ketika kita mengkonsumsi gula sederhan a seperti permen maka tingkat insulin meningkat dan kemudian langsung menurun dengan cepat. Konsekuensinya adalah kita akan cenderung makan lagi dalam beberapa jam kemudian setelah menyantap gula sederhana dibandingkan ketika kita menyantap karbohidrat kompleks .
3.Leptin
Leptin diambil adri bahasa Yunani yaitu leptos yang berarti “kurus”. Leptin merupakan sebuah protein  yangdilepaskan oleh sel-sel lemak, menurunkan jumlah makanan yang diambil dan meningkatkan pengeluaran energi. Peran leptin dalam rasa puas makanan jangka panjang ditemukan dalam serangkaian ob dalam tikus yang mengalami obesitas. Tikus yang kelebihan berat badan(mengalami obesitas) memiliki metabolisme rendah , makan terlalu banyak dan menjadi terlalu gemuk. Sebua gen khusus yang dikenal sebagai ob biasanya memproduksi leptin. Leptin mempengaruhi dengan kuat metabolisme dan proses makan, bertindak sebagai hormon anti obesitas. Bagi  manusia, kadar konsentrasi leptin dikaitkan dengan berat badan dalam suatu usaha diet dan prsentase berat badan yang hilang dala seluruh usaha diet.

3. Kadar lemak dalam tubuh
Jangka panjang pemeliharaan dari berat badan diatur oleh kemampuan hipothalamus untuk mendeteksi kadar lemak dalam tubuh. Penelitian terbaru telah menyatakan bahwa sel adiposa (lemak) berada di pinggang, pinggul, dan di tempat lain yang mengeluarkan leptin dalam aliran darah.
Hal ini disebabkan karena Hipothalamus bereaksi dengan 3 cara :
·         Ventromedial Satiety Center mengirim pesan langsung untuk mencegah keinginan makan.
·         Sinyal darin Paraventricular Nucleus mengontrol rasa lapar dan meregulasi kadar gula dalam darah.
·         Aksi ketiga diambil oleh pusat ventromedial satiety untuk mengontrol respon berat badan kepada leptin yang juga telah dilindungi.

Berat badan dan “Set Point”
Peningkatan kadar lemak dalam tubuh dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme sel.Setiap orang memiliki “Set point” yang berbeda-beda. Set  point itu bekerja seperti layaknya kita mengatur thermostat di dalam rumah untuk mengatur suhu.
Spesific Hungers
Spesific hanger memiliki pengertian yakni kelaparan pada situasi tertentu. Pernahkah kita membayangkan bahwa tubuh kita mencba memberitahu tentang nutrisi yang dibutuhkannya? Binatang secara bereksperimen, mereka memperoleh protein,vitamin, lemak, akan cenderung untuk untuk makan jumlah yang lebih besar akan makanan yang  berisi unsur itu ketika diberi kemudiannya  suatu  pilihan.
Faktor Psikologis dalam rasa lapar
meskipun rasa lapar jelas-jelas merupakan motif yang dipengaruhi kebutuhan biologis, factor psikologis juga terlibat dalam pengaturan rasa lapar. emosi juga berperan dalam proses makan.  Orang yang gugup cenderung makan lebih banyak disbanding biasa, dan orang yang depresi akan kehilangan nafsu makan mereka untuk waktu yang lama.
Mungkin factor psikologis yang paling bermasalah adalah bagi mereka yang berusaha mengatur makan mereka, mis:diet. Insentif adalah factor external yang mengaktifkan motif. Bau dari roti yang baru dipanggang membuat kita merasa lapar. insentif menghasilkan efek dari mekanisme otak yang sama yang mengatur aspek biologis dari rasa lapar. dengan melihat makanan, mengakibatkan neuron menstimulasi hipotalamus. Biasanya jika makanan tersebut adalah  makanan favoritnya. Dan bau dari makanan tersebutmengakibatkan pelepasan insulin yang akan menstimulasi rasa lapar dengan cara menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Rasa Haus : Regulasi Konsumsi Air
Sebagaimana kita harus mengontrol asupan makanan untuk bertahan hidup, kita jugan harus mengatur asupan air. Apakah mekanisme yang homeostatik berhubungan dengan rasa haus ? Ada beberapa mekanisme dalam hal kelaparan, seperti kelaparan juga, pusat-pusat pengatur utama berada di hipotalamus.
Pengaturan biologis rasa haus
Sebuah sistem minum dan sistem berhenti minum diatur oleh bagian yang berbeda dari hipotalamus. Kerusakan operasi pada sistem minum akan menyebabkan hewan  menolak mengkonsumsi air, kerusakan sistem minum menghasilkan berhenti  minum berlebihan. Meskipun pusat kontrol untuk rasa haus menduduki banyak bagian di area yang sama dengan pusat untuk kelaparan, mereka beroperasi secara terpisah dengan menggunakan neurotransmiter yang berbeda. (Grossman, 1960; Schulkin, 1999).
Hipotalamus menggunakan tiga isyarat pokok dalam mengatur minum: kekeringan mulut, kehilangan air oleh sel, dan penurunan volume darah.

1.      Kekeringan pada rongga mulut
Kekeringan pada rongga mulut adalah isyarat haus yang paling cepat kita sadari. Di tahun 1920-an. seorang ahli biologi Walter Cannon mempelajari peran kekeringan mulut dalam kehausan, kali ini dia menggunakan dirinya sebagai subjek. Setelah minum air dalam jumlah besar untuk memastikan dia tidak haus, ia menyuntikkan dirinya dengan obat yang menghentikan aliran air liur. Segera, ia merasa haus. Berikutnya, ia menyuntik mulutnya dengan bius lokal yang memblokir semua sensasi dari mulutnya. Ini dengan cepat menghilangkan sensasi seperti sedang haus. Cannon menyimpulkan bahwa kekeringan mulut adalah isyarat yang menyebabkan sensasi haus, tapi itu hanya sebagian besar dari sensor dari rasa haus. Sekarang ini kita sudah tahu bahwa faktor lain memainkan peran yang lebih penting.

2.      Kadar cairan dalam sel
Ketika jumlah kadar air dalam tubuh menurun, konsentrasi garam dalam cairan tubuh meningkat. Bagian terpenting dari ketentuan haus adalah natrium garam yang ada terutama dalam cairan luar sel-sel tubuh (karena garam tidak dapat melewati membran semipermeabel dari sel). Penurunan cairan tubuh sebanyak 1 sampai 2 persen menyebabkan peningkatan konsentrasi natrium yang cukup besar untuk menarik air keluar dari sel dan menyebabkan dehidrasi pada sel (Hole, 1990; Petri, 1986). Hal ini terjadi pada sel-sel di seluruh tubuh, tetapi ketika sel-sel khusus tertentu di pusat minuman dari dehidrasi hipotalamus dan mengerut, mereka mengirim beberapa pesan untuk memperbaiki situasi. Khususnya, sinyal kimiawi pada kelenjar pituitari, yang terletak tepat di bawah pusat minuman pada hipotalamus, untuk mensekresikan antidiuretic hormone (ADH) ke dalam aliran darah. Ketika ADH mencapai ginjal, hal itu menyebabkan mereka menghemat air dalam tubuh dengan menyerap kembali dari urin. Di samping itu, pusat hipotalamus secara bersamaan mengirimkan pesan haus ke korteks serebral, yang memulai mencari dan minum cairan (Schulkin, 1999).

3.      Volume total darah
Isyarat ketiga yang digunakan oleh hipotalamus untuk mengatur haus adalah volume darah total. Karena volume air dalam tubuh menurun, volume darah-yang sebagian besar terdiri dari air-menurun juga. Jika volume darah menurun yang pertama kali merasakannya adalah ginjal. Ginjal bereaksi dalam dua cara. Pertama, mereka menyebabkan pembuluh darah mengkompensasikan penurunan nominal darah. Kedua, dalam serangkaian langkah kimia, mereka menyebabkan pembentukan angiotensin zat dalam darah. ketika angiotensin mencapai hipotalamus, pusat minuman mengirimkan pesan haus ke korteks serebral, yang akhirnya membawa kita untuk mencari cairan (Schulkin, 1999).
Faktor psikologi penyebab haus
 Faktor psikologi juga memainkan peranan dalam regulasi dari minum, meskipun secara keseluruhan peran ini tidak tampak sama besar dengan kelaparan. Mempelajari pengaruh minuman yang kita minum (rata-rata warga Nepal lebih memilih susu yak terhadap susu sapi) serta ketika kita meminumnya (kampanye iklan baru-baru ini dipasang untuk meyakinkan kita untuk minum cola untuk sarapan). Insentif, seperti melihat segelas bir, mungkin haus aktif dalam orang yang dinyatakan tidak haus. Stres dan emosi tampaknya memiliki sedikit efek pada minum dibandingkan dengan makan. Kecuali dalam kasus minuman yang mengandung alkohol atau stimulan (kopi, teh, cola, dan sejenisnya) yang mengubah suasana hati kita.
Psychological Motives
Motif psikologis adalah motif yang tidak berkaitan langsung dengan kelangsungan hidup biologis dari individu atau spesies. Mereka adalah "kebutuhan" dalam arti bahwa kebahagiaan individu dan kesejahteraan tergantung pada motif-motif ini. Bahkan lebih dari motif primer, motif psikologis bervariasi dalam sejauh mana mereka dipengaruhi oleh pengalaman. Beberapa motif psikologis ditemukan di setiap anggota normal dari suatu spesies dan tampaknya bawaan, sedangkan yang lain tampaknya akan sepenuhnya dipelajari. Di bagian ini, kebutuhan untuk berafiliasi dengan orang lain, dan kebutuhan untuk berprestasi.

6. Stimulus Motivation: Seeking Novel Stimulation
Apakah Anda pernah pulang ke rumah kosong dan flip di radio atau televisi hanya untuk  membunuh kesunyian? Apakah Anda pernah menghabiskan sepanjang hari Sabtu menulis makalah dan kemudian merasa Anda harus bangun dan berjalan-jalan atau berbicara dengan seseorang hanya untuk pengalihan belaka? Kebanyakan orang mudah bosan jika ada sedikit rangsangan secara keseluruhan tidak berubah. Kami, dan hewan lainnya, ternyata memiliki motif bawaan untuk mencari stimulasi baru.
            Jika Anda meletakkan tikus dalam labirin T- mave di mana ia harus memilih antara berbelok ke kanan ke sebuah gang dicat abu-abu atau berubah menjadi satu meninggalkan dilukis dengan garis-garis yang kompleks, tikus akan mengeksplorasi, lebih kompleks lebih "menarik" gang pertama. Tapi lain kali akan lebih cenderung untuk berubah menjadi gang abu-abu, yang belum di lihat, rupanya karena itu adalah "penasaran" tentang hal itu.
Monyet yang dipelihara di kandang membosankan juga akan bekerja keras menekan tuas untuk mendapatkan kesempatan untuk melihat monyet lain atau bahkan untuk menonton menjalankan kereta api model. Monyet juga akan bekerja teka-teki manual untuk jam tanpa imbalan apapun kecuali akhirnya membuat mereka terpisah. Menonton bermain dengan mainan bayi manusia tempat tidurnya selama beberapa menit dan Anda akan melihat bahwa manusia juga, termotivasi untuk manipilate, menyelidiki, dan umumnya menggoyang lingkungan mereka. Jika pergi tanpa aktivitas fisik untuk sementara waktu, kita akan hampir selalu mulai merasakan kebutuhan untuk aktivitas.

            Optimal Arousal Theory Meskipun ada account mekanisme homeostatik dikenal untuk kebutuhan kita untuk stimulasi baru, kita jelas harus memiliki sejumlah itu untuk merasa nyaman. Tapi, hanya sebagai rangsangan terlalu sedikit tidak menyenangkan dan akan memotivasi kita untuk meningkatkan rangsangan, stimulasi terlalu banyak unpleasent dan akan memotivasi kita untuk menemukan cara untuk menguranginya. Terlalu banyak orang berbicara bersamaan, kebisingan terlalu banyak, atau ruangan yang berisi terlalu banyak warna bentrok dan pola akan mengirim seseorang pergi mencari beberapa menit yang damai, tenang, dan stimulasi berkurang. Ternyata, tingkat optimal stimulasi ada, dan kita akan merasa tidak nyaman atas atau di bawah tingkat ini.
Jelas kami "need" untuk tingkat optimal stimulasi telah menyebabkan psikolog untuk menunjukkan bahwa setiap individu berusaha untuk mempertahankan tingkat optimal gairah dalam sistem saraf. Gairah, seperti yang digunakan dengan cara ini, adalah istilah yang agak kabur, tetapi mengacu pada kondisi keseluruhan kewaspadaan dan aktivasi orang tersebut. Individu yang sedang tidur berada pada tingkat yang sangat rendah gairah; orang santai berada pada tingkat yang sangat tinggi. Gairah ini terkait dengan aktivitas formasi reticular otak dan divisi simpatik sistem saraf otonom. Teori gairah optimal tidak menunjukkan, bagaimanapun, bahwa ada kebutuhan biologis untuk sedang atau tingkat optimal gairah. Individu dapat bertahan hidup tingkat tinggi atau rendah gairah, tetapi dia termotivasi untuk mencapai tingkat, nyaman optimal gairah dengan bertindak dengan cara yang kenaikan atau penurunan stimulasi.

Arousal and Performance: Hukum Yarkes-Dodson Tidak hanya gairah konsep motivasi penting, itu juga terkait dengan efisiensi kinerja kami dalam berbagai situasi. Jika gairah terlalu rendah, kinerja akan memadai; kalau terlalu tinggi, kinerja dapat menjadi terganggu dan tidak teratur. Gagasan yang tampaknya sederhana sering disebut sebagai Yerkes-Dodson hukum, dan itu agak lebih rumit dari yang terlihat pada awalnya. Tingkat ideal gairah untuk berbagai jenis kinerja sangat bervariasi. Pemain sepak bola "pemanasan" dan "psikologi up" secara fisik dan emosional untuk mencapai tingkat tinggi gairah untuk permainan. Akan sulit untuk melebihi tingkat ideal gairah yang diperlukan untuk olahraga kontak yang sangat fisik. Di sisi lain, kinerja terampil glasir tembikar tukang menerapkan dengan tangan akan paling efisien di tingkat yang jauh lebih rendah gairah. Gairah terlalu banyak, karena dalam bentuk tingkat kecemasan tinggi, akan cenderung mengganggu kinerja, halus terampil tukang periuk.



7. Affiliation Motivation

            Apakah Anda biasanya menikmati kebersamaan dengan teman-teman? Apakah Anda merasa kesepian selama periode ketika Anda tidak memiliki banyak teman? Manusia adalah makhluk sosial. Diberi kesempatan, kita umumnya lebih memilih untuk memiliki kontak teratur dengan orang lain. Dalam pengertian ini, dapat dikatakan bahwa orang memiliki motif afiliasi.
            Kebutuhan afiliasi hadir dalam semua manusia, tetapi sebagian besar penelitian pada motif ini. Individu yang tinggi dalam kebutuhan akan afiliasi, misalnya, cenderung lebih suka berada bersama orang lain daripada memuaskan motif-motif lain. Ketika ditanya untuk melakukan tugas administrasi dengan pasangan, individu yang tinggi dalam kebutuhan akan afiliasi tapi rendah kebutuhan akan prestasi memilih pasangan yang mereka percaya paling competet.
            Dua teori telah diajukan untuk menjelaskan kebutuhan nyata kami untuk afiliasi. Beberapa percaya bahwa motivasi afiliasi kebutuhan bawaan yang didasarkan pada seleksi alam. Seorang manusia jaman batu yang memilih untuk berburu sendirian akan kurang mampu membunuh binatang besar untuk makanan dan untuk menghindari menjadi mangsa hewan lain, dan dengan demikian untuk bertahan hidup, dari manusia yang merasa perlu untuk hidup dan berburu dengan orang lain. Dengan demikian, kekuatan alam mungkin telah memilih mereka manusia dengan kebutuhan untuk afiliasi-karena mereka adalah orang-orang yang selamat. Psikolog lain, bagaimanapun, percaya bahwa setiap manusia belajar motif untuk afiliasi melalui nya atau pengalamannya sendiri belajar. Karena bayi mengalami diberi makan, dibersihkan, menggelitik, tetap hangat, dan bentuk positif lainnya memelihara di hadapan manusia lain, manusia lain mungkin menjadi "rangsangan positif" melalui pengkondisian klasik. Demikian pula, karena tindakan kita yang membawa kita berada di hadapan orang lain-tersenyum, mengulurkan tangan bayi kami untuk pelukan, dan sejenisnya-sering menyebabkan hasil yang menyenangkan, maka perilaku afiliatif kemungkinan besar akan positif diperkuat.
            Itu motif afiliasi mungkin terkait dalam beberapa cara untuk kesempatan yang lebih besar bahwa manusia yang afiliasi-kawanan bersama-sama - akan bertahan menerima beberapa dukungan dari fakta bahwa motivasi affilication muncul lebih kuat ketika kita takut tentang kesejahteraan kita. Stanley Schachter telah melakukan beberapa percobaan pada hubungan antara kecemasan dan kebutuhan afiliasi. Dalam sebuah percobaan khas, mahasiswa perempuan dibawa ke laboratorium dalam kelompok kecil. Di sana mereka bertemu dengan seorang pria mengenakan jas putih yang memperkenalkan diri sebagai Dr Gregor Zilstein, seorang proffesor neurologi dan psikiatri. Dia mengatakan setengah dari peserta penelitian bahwa mereka akan berpartisipasi dalam percobaan yang melibatkan listrik menyakitkan guncangan-dan mereka menunjukkan aparat kejutan menakutkan di latar belakang. Dia mengatakan kepada bagian lain dari peserta bahwa mereka akan menerima guncangan yang sangat ringan, yang mereka akan mengalami sebagai menggelitik belaka. Kelompok pertama dibuat jauh lebih cemas daripada kelompok kedua, seperti yang ditunjukkan oleh peringkat para siswa sendiri dari kecemasan mereka. Kedua kelompok diberi pilihan untuk menunggu sendirian di ruang tunggu individu atau bersama-sama dalam kelompok ruang tunggu. Sebagai Schachter diprediksi, hampir dua pertiga dari subyek yang dibuat merasa cemas memilih menunggu dalam kelompok, menunjukkan tingkat tinggi kebutuhan akan afiliasi. Namun, hanya sepertiga dari anggota kelompok kecemasan rendah memilih untuk menunggu bersama-sama.
            Penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa telah sama menyakitkan sehari-hari pengalaman-seperti gagal tes perguruan tinggi-meningkatkan motivasi kita untuk berafiliasi dengan orang lain. Seperti kata pepatah, "penderitaan mencintai perusahaan". Di sisi lain, beberapa orang cenderung memiliki motivasi affilation lebih dari yang lain dalam berbagai situasi, dan ketika chip menurun-seperti ketika mereka berjuang kanker mereka lebih cenderung untuk mencari dukungan emosional dari anggota keluarga. Ada bukti bahwa tingkat yang lebih tinggi motivasi afiliasi memprediksi lebih baik penyesuaian psikologis sepanjang hidup, mungkin sebagian karena motif afiliasi mempromosikan dukungan sosial saat-saat sulit.

8. Achievement Motivation
Achievement Motivation adalah kebutuhan psikologis untuk sukses di sekolah, pekerjaan atau bidang lain. Elliot dan Church membedakan 3 elemen penting dalam motivasi:
1. Mastery Goals. Individu dengan mastery goal yang tinggi termotivasi secara intrinsik untuk mempelajari informasi yang menarik dan penting. Mereka menikmati mata pelajaran yang menantang jika mata pelajaran itu membantu mereka menguasai informasi baru, dan mereka merasa kecewa dengan mata pelajaran yang mudah dimana mereka mendapat nilai yang baik tetapi yang dipelajari sangat sedikit.
2. Performance-Approach Goals. Individu dengan performance-approach goal yang tinggi termotivasi untuk bekerja keras untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dari orang lain untuk mendapat perhatian.
3. Performance-Avoidance Goals. Individu dengan performance-avoidance goal yang tinggi termotivasi untuk bekerja keras untuk menghindari nilai yang jelek dan terlihat tidak cerdas.
Setiap tipe ini membantu dalam kesuksesan, tetapi Elliot dan Church (1997) percaya bahwa mereka menyebabkan konsekuensi yang berbeda. Di awal mata pelajaran psikologi kepribadian, pelajar menjawab pertanyaan tentang level dari tiga tipe achievement motivation. Di akhir mata pelajaran, pelajar kemudian melengkapi pengukuran bagaimana mereka menikmati dan dan menilai mata pelajaran itu, dan peneliti menggunakan nilai pada mata pelajaran itu untuk melihat seberapa baik performa dalam tes.
Perbedaan tipe achievement motivation dihubungkan dengan perbedaan hasil diakhir mata pelajaran. Pelajar dengan mastery goal yang lebih tinggi dilaporkan lebih menikmati mata pelajaran. Ini terutama berlaku jika mereka juga rendah dalam performance-approach goal. Pelajar dengan performance-approach goal yang tinggi memiliki nilai yang lebih baik, khususnya jika mastery goal mereka rendah. Keinginan untuk mengesankan orang lain dengan membuat nilai yang bagus menyebabkan nilai yang baik,tapi sayangnya keinginan untuk mempelajari materi untuk kepentingannya sendiri terkadang terjadi untuk mendapat nilai bagus. Pelajar dengan nilai yang paling rendah memiliki performance-approach dan mastery goal yang rendah atau mereka memiliki performance avoidance goal yang tinggi. Pelajar dengan performance-avoidance goal yang tinggi di awal mata pelajaran di laporkan bahwa mereka lebih sedikit/kurang menikmati konten mata pelajaran. Bekerja hanya untuk menghindari kegagalan.
Untuk mengerti achievement motivation, kita perlu mengerti apa yang orang inginkan dan mengapa mereka menginginkan itu. Tujuan dan motif konsekuen dengan kesuksesan dan kenikmatan dalam proses yang dijalani.
Untuk mengerti motivasi individu dalam berprestasi juga harus mempertimbangkan fear of success. Fear of success adalah ketakutan terhadap konsekuensi dari kesuksesan, terutama rasa iri dari orang lain. Meskipun mengalahkan orang lain memberi kepuasan, tetapi dapat menimbulkan rasa iri yang mungkin mempertegang hubungan sosial (Exline & Lobel, 1999). Meskipun ini tidak penting untuk beberapa individu, ini dapat memunculkan fear of success pada yang lain dan dapat memotivasi mereka untuk berprestasi dibawah potensi mereka. Fear of success ini umumnya terjadi pada wanita di Amerika Utara (Fried-Buchalter, 1997; Kumari, 1996), pelajar wanita yang feminist memiliki fear of success yang lebih sedikit dibandingkan yang tradisional (Kumari, 1996). 

9. Solomon's Opponent-Process Theory of Acquired Motives

Richard Solomon (1980) mengusulkan sebuah teori yang implikasinya penting dalam mempelajari motif-motif baru, yang umumnya sulit dimengerti. Seperti mengapa seseorang suka bertarung dalam pertandingan karate atau terjun payung dari pesawat?
            Solomon memberikan jawaban yang menarik dari pertanyaan ini dan pertanyaan lain dengan opponent-process theory of motivation. Solomon menjelaskan kecanduan dengan dua konsep: (a) keadaan yang memberikan perasaan positif diikuti juga dengan perasaan negatif yang sangat kontras/ berbeda, dan sebaliknya. (b) perasaan (baik positif maupun negatif) yang dialami terus menerus akan berkurang intensitasnya.
            Contohnya terjun payung, Dari data yang diperoleh Solomon, awalnya terjun payung menakutkan. Ketika penerjun yang masih baru mendarat, awalnya terkejut tetapi kemudian mulai tersenyum dan berbicara sangat bersemangat. Perasaan negatif (ketakutan) diikuti dengan perasaan negatif (euforia) yang memberi reinforce/penguatan pada perilakunya (ditunjukkan pada figure 10.7 disebelah kiri). Setelah banyak melakukannya, ketakutannya menjadi berkurang (ditunjukkan pada figure 10.7 disebelah kanan). Ketakutan yang berkurang, membuat euforia yang dihasilkan lebih kuat.
            Solomon melihat ketagihan terhadap heroin dan obat-obatan lain, awalnya kesenangan “menyerang” diikuti dengan perasaan tidak nyaman. Setelah sering menggunakannya, kesenangan penggunaan obat-obatan (cocain, nicotine, dll) dalam jumlah yang sama sangat berkurang, tetapi rasa sakit ketika tidak memakainya lebih buruk. Rasa sakit itu menjadi motif yang paling kuat untuk memakai obat-obatan lagi. Teori Solomon ini tidak relevan dengan semua motif, tetapi dapat membantu memahami beberapa motif yang membingungkan.  

Intrinsik dan Ekstrinsik Motivasi

Penting untuk membedakan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik. motivasi intrinsik ketika orang termotivasi oleh sifat yang melekat pada kesenangan aktivitas, atau konsekuensi alami dari aktivitas. Sebagai contoh, monyet  akan membongkar mechanicalpuzzles tanpa hadiah l. Orang yang membaca buku-buku nonfiksi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan mereka hanya karena
itu menyenangkan. Demikian pula, orang yang mendonorkan harta mereka untuk amal karena mereka ingin membantu orang

Motivasi ekstrinsik,  adalah motivasi external dengan aktivitas yang bukan merupakan bagian yang melekat dari itu. Jika seorang anak yang membenci PR matematika didorong untuk mengerjakan PR nya dengan pembayaran nikel untuk setiap jawaban yang benar.. Demikian pula, seseorang yang bekerja keras untuk karyawan karena ia ingin dikagumi oleh orang lain-bukan karena kepentingan dalam bekerja. Orang yang secara intrinsik termotivasi cenderung bekerja lebih keras dan merespon tantangan dengan bekerja lebih keras lagi. Mereka menikmati pekerjaan mereka lebih kreatif dan efektif motivasi intrinsic dibentuk oleh pengalaman belajar Misalnya, anak dari keluarga yang menekankan sukacita dan pentingnya belajar memiliki motivasi intrinsik lebih untuk belajar di sekolah.

perbedaan antara motivasi intrinsik dan extrinsic adalah pertanyaan kapan penghargaan ekstrinsik harus diberikan oleh orang tua, guru, dan pengusaha dalam upaya untuk meningkatkan motivasi. Kapan itu bijaksana untuk menggunakan motivasi ekstrinsik dalam bentuk penguatan positif untuk meningkatkan frekuensi dari  beberapa perilaku (seperti mengerjakan PR, memberikan paket tepat waktu)? Anak-anak yang tidak suka melakukan pekerjaan rumah matematika mereka akan sering melakukannya dengan tekun jika dihargai dengan tambahan uang saku. Di sisi lain, jika individu tersebut sudah secara intrinsik termotivasi untuk melakukan suatu kegiatan, menambahkan motivasi ekstrinsik dapat mengurangi motivasi intrinsik tersebut. Misalnya, ketika anak-anak muda yang suka menggambar di sekolah diberi sertifikat untuk gambar yang baik, mereka menggambar kurang berminat lagi daripada anak-anak yang belum menerima sertifikat. studi menunjukkan bahwa kita harus berhati-hati untuk menghindari motivasi intrinsik dengan memberikan imbalan ekstrinsik yang tidak perlu.


Pujian meningkatkan motivasi intrinsik ketika pujian:
1. Menyiratkan bahwa anak itu sukses karena dia atau usaha dan bukan karena bakat alami anak atau kemampuan.
2. Apakah tulus dan tidak berarti bahwa orang dewasa mengendalikan anak.
3. Tidak membandingkan anak dengan anak lain.
4. Menyiratkan bahwa orang dewasa memiliki standar untuk perilaku anak bahwa anak percaya bahwa ia dapat mencapai dengan usaha.

Sebaliknya, pujian yang berfokus pada kemampuan anak, bukan usaha,  atau membandingkan anak dengan orang lain, menyiratkan bahwa ia harus mencapai standar yang harus dicapai dimasa  depan dapat merusak motivasi intrinsik menurut untuk Henderlong dan Lepper.

Sebagai contoh, jika seorang anak menulis sebuah puisi pintar untuk gurunya, dan Lepper Henderlong menyarankan bahwa pujian efektif yang mungkin akan meningkatkan motivasi intrinsik anak

"Saya sangat suka puisi ini! Anda menemukan begitu banyak cara membandingkan daun dan lagu. pasti telah mengambil banyak pemikiran!''

di sisi lain, pujian seperti ini dapat mengurangi motivasi intrinsik anak:
"Ini adalah ide brilliant yang saya lihat, saya memberitahu bahwa Anda adalah orang jenius hanya di kelas Mrs Long. Jika Anda hanya menulis, menulis, menulis setiap malam !, kamu akan  sukses ! Harvard dan yale akan berjuang atas kamu "

Selama bertahun-tahun, diasumsikan bahwa cara lain yang baik untuk meningkatkan motivasi intrinsik adalah untuk memberi pilihan mereka akan memilih kegiatan yang  secara intrinsik memotivasi mereka.Anak-anak Amerika keturunan eropa menunjukkan motivasi intrinsik lebih untuk tugas-tugas sekolah dan kegiatan lain yang mereka pilih sendiri. Sebaliknya, anak-anak amerika asian dari budaya kolektif yang menempatkan penekanan lebih besar pada kelompok dari pada individu memiliki motivasi intrinsik lebih rendah untuk kegiatan yang mereka pilih. Seperti dalam banyak aspekpsikologis, faktor socio cutural penting dalam motivasi.

10. Maslow Hierarki Motivasi
Abraham Maslow mengemukakan teori tentang motivasi. Menurut Maslow, kita tidak selimut  kebingungan, melainkan, motif kita diorganisasikan secara hirarki diatur dari yang paling dasar sampai yang paling pribadi dan canggih

 Jika kebutuhan lebih rendah dalam hirarki belum terpenuhi, maka motif-motif yang lebih tinggi tidak akan beroperasi. Ketika lower needs kebutuhan akan rasa lapar, haus dan keselamatan sudah terpenuhi, maka motif untuk mengembangkan hubungan dengan orang lain, untuk mencapai harga diri positif, dan untuk menyadari potensi penuh seseorang etis, artistik, dan filosofis (self-actulization) menjadi penting untuk individu.

Hirarki Maslow motif membantu memahami mengapa petani yang  kelaparan tidak terlalu tertarik pada filsafat politik pemerintahan.  Motif yang lebih tinggi menjadi tidak penting ketika motiv rendah yang belum terpenuhi.

maslow membagi kebutuhan manusia atas 5 bagian:
  1. Biological        : lapar, haus, rumah
  2. Safety              : rasa aman
  3. Love and belongliness            : rasa memiliki dan dimiliki
  4. Self-esteem     : harga diri dan status
  5. Self actualization        : ingin diakui existensinya


0 komentar:

Posting Komentar