Blogger Widgets

Pages

Subscribe:
Rony Syahputra Psikologi Pendidikan

Ads 468x60px

.

Labels

Senin, 23 September 2013

Testimoni Kuliah Online


Assalamu’alaikum Wr. Wb

Haii bloggers saya balik lagi ini ke duina blog hahaha. Setelah lama ngga nge-blog, yah memang kalau ngga ada kewajiban, saya sih “agak” males nge blog. Karena bukan hobi sih :D nah kewajiban saya kali ini adalah karena saya sedang mengambil mata kuliah Psikologi Belajar di kampus saya tercinta. Sebelumnya saya sih udah sempat “rajin” nge blog nya. Saat rajin itu juga ada alasan nya :D waktu itu ngambil mata kuliah Psikologi Pendidikan.

Nah pada postingan ini saya akan memaparkan testimoni saya saat mengikuti kuliah online. Jadi kuliah online kemarin terlaksan pada hari kamis 19 September 2013 pukul 16.00 WIB sampai kurang lebih pukul 18.00 WIB. Bicara tentang testimoni banyak sekali pendapat dan kesan saya mengenai kuliah online tersebut. Menurut saya kuliah online memilki keuntungan yaitu kuliah bisa terlaksana tanpa peserta harus bertemu dalam sebuah ruangan sebagaimana kuliah biasanya. Materi akan tetap tersampaikan, lebih efisien karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, namun kuliah online juga memilki kelemahan, ketika peralatan atau jaringan yang kurang memadai. Hal ini berlaku pada saya saat kuliah online kemarin. Saat saya kuliah tersebut saya menggunakan fasilitas wifi kampus, sebagaimana yang kita ketahui jaringan wifi kampus “pasang surut” haha :D kadang jaringannya baik kadang jaringannya buruk. Nah waktu kuliah tersebut wifi dikampus sedang bermasalah, saya kesulitan terhubung dengan room chat perkuliahan. Hal ini membuat saya sedikit kesal, karena tidak kunjung berhasil masuk. Sementara kabar dari teman-teman mereka sudah berdiskusi di room chat tersebut. Namun hal ini tidak mengurungkan niat saya untuk ikut kuliah online, saat itu yang saya lakukan adalah dengan meminta pertolongan teman dengan meminjam modem pribadi miliknya. Nah akhirnya saya pun bisa masuk kedalam room chat tersebut. Ternyata saya masih ketinggalan sampai agenda absensi dan dosen baru saja akan memulai memberikan pertanyaan.

Dengan kondisi yang sudah “agak” kesal saya mengikuti kuliah online tersebut, setelah saya ikuti ternyata kuliah nya lumayan asik, karena dosen “memaksa” seluruh peserta memberikan argumen, hal ini menjadi stimulus untuk masing-masing anggota untuk berfikir. Karena kalau telat mikirnya maka habislah ide-ide di ambil peserta yang lain. Hahaha. Itu berlaku pada saya bloggers, saya agak lama mikirnya alhasil hampir saya kehabisan ide, ya meskipun akhirnya saya berhasil. Ya mungkin karena saya kreatif kali ya :D alhamdulillah argumen yang saya lontarkan di room chat tersebut mendapatkan reinforcement positive dari sang dosen :D materi pertama yaitu peserta diminta untuk mengaitkan teori psikologi belajar behavior dengan kuliah online. Seinget saya, saya ntah orang keberapa yang akhirnya bisa jawab. Kurang lebih jawaban saya ........................(copy paste chat) contoh: awalnya saya semangat untuk melakukan kuliah online ini, namun ketika saya mendapatkan situasi dimana jaringan yang lamban maka hal itu mengurangi semangat saya untuk mengikuti mata kuliah ini. namun saya berusaha mengubahnya menjadi penguat positif. dan saya mencari alternatif lain yaitu dengan memakai modem teman. Dan dapat OK dari dosen :D

Setelah satu pertanyaan berhasil dijawab maka dosen lanjut ke materi berikutnya yaitu teori psikologi belajar Gestalt, nah pada materi ini lagi-lagi sang dosen meminta kami untuk memberikan argumen. Masih sama yaitu meminta mengaitkan teori belajar gestalt dengan kuliah online yang sedang berlangsung ya begitu seterusnya. Sampai kuliah selesai. Seluruh peserta pada kuliah online menjadi aktif, tidak seperti dikelas yang kadang masih ada mahasiswa yang enggan berargumen. Akhirnya seluruh peserta mengeluarkan argumen masing-masing. Hal ini saya anggap berkaitan dengan teori belajar gestalt, saya melihat argumen-argumen secara keseluruhan setiap argumen berbeda, namun membicarakan satu hal yang sama. Kuliah online akan efektif bila sarana dan prasarana untuk melakukannya lengkap maka kuliah tersebut akan lancar.
Sekian testimoni saya pada postingan kali ini, semoga saya mendapatkan reinforcement positif di akhir kuliah ini. Aamiin.
Wassalam

1 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

thanks Rony....:)
suatu kesan memberikan makna proses belajar yang lebih (apakah itu bernilai positif atau negatif)....tetep semangat dan terus berproses untuk belajar...:)

take care

Posting Komentar