Blogger Widgets

Pages

Subscribe:
Rony Syahputra Psikologi Pendidikan

Ads 468x60px

.

Labels

Senin, 09 September 2013

BELAJAR!!!



"Kekuatan manusia untuk mengubah dirinya sendiri, yakni untuk belajar, mungkin merupakan aspek mengesankan dari diri manusia. (Thorndike, 1931)"

Belajar (learning) adalah proses multisegi yang biasanya dianggap sesuatu yang biasa saja oleh individu sampai mereka mengalami kesulitan saat menghadapi tugas yang kompleks. Belajar tentunya melibatkan aktifitas kognitif yang terkait dengan tiga aspek unik dari kecerdasan manusia. Ketiga aspek itu adalah sebagai berikut:
Pertama, manusia mampu mempelajari penemuan, penciptaan, dan ide - ide dari pemikir besar dan ilmuan besar di masa lampau atau pengalaman yang diwariskan (Vygotsky, 1924/1979)
Kedua, Individu mampu mengembangkan pengetahuan tentang tempat dan kejadian yang belum mereka alami secara personal melalui pengalaman orang lain atau disebut pengalaman sosial.
Ketiga, manusia menyesuaikan lingkungan dengan diri mereka, bukan sekedar beradaptasi dengan lingkungan (pengalaman yang diulang).

Berbicara tentang belajar, baru saja saya mengalami proses belajar. Pada tanggal 8 September 2013 kira-kira pukul 22.00 WIB Ibu saya mengalami sebuah musibah, yaitu perampokan. Kejadian tersebut membuat ibu saya sangat shock. Hal ini dikarenakan peristiwa tersebut belum pernah sama sekali di alami beliau. Akibat dari perampokan tersebut Ibu saya kehilangan dompet beserta isi nya. Menurut penuturan beliau, kondisi keadaan sekitar tempat kejadian sudah sepi. Ketika perampokan terjadi Ibu saya sedang bercerita dengan ayah saya diatas sepeda motor, tiba-tiba ada sebuah sepeda motor mendekati sepeda motor mereka, seketika orang tersebut merampas dompet yang sedang dipegang ibu saya. Beliau masih sempat berteriak minta tolong, namun perampok sudah kabur dengan menggunakan sepeda motornya.
Bila dikaitkan dengan  teori diatas yang berbicara mengenai aspek unik dari kecerdasan manusia maka pengalaman belajar saya bisa dijelaskan pada poin kedua, yaitu saya belajar atau mengembangkan pengetahuan melalui pengalaman orang lain. Pengalaman yang terjadi pada ibu saya, bisa saya jadikan pelajaran untuk kehidupan saya. Peristiwa kejahatan bisa terjadi dimana saja dan dalam keadaan apapun, jadi sebisa mungkin kita waspada untuk meminimalisir kemungkinan peristiwa kejahatan tersebut terjadi  kepada kita.

0 komentar:

Posting Komentar