Blogger Widgets

Pages

Subscribe:
Rony Syahputra Psikologi Pendidikan

Ads 468x60px

.

Labels

Selasa, 19 November 2013

Robert Gagne: Teori Belajar



Gagne mengemukakan delapan fase dalam  tindakan belajar. Kedelapan fese tersebut adalah sebagai berikut :
1. Fase Motivasi
Siswa harus diberi motivasi untuk belajar dengan harapan belajar akan memperoleh hadiah.

2. Fase Pengenalan
Siswa harus memberi perhatian pada bagian-bagian yang esensial dari suatu kajian instruksional, jika belajar akan terjadi.

3. Fase Perolehan
Bila siswa memperhatikan informasi yang relevan, maka ia telah siap untuk menerima pelajaran. Informasi tidak langsung terserap dalam memori ketika disajikan, informasi itu di ubah kedalam bentuk yang bermakna yang dihubungkan dengan materi yang telah ada dalam memori siswa.

4. Fase Retensi
Informasi baru yang diperoleh harus dipindahkan dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Ini dapat terjadi melalui pengulangan kembali.

5. Fase Pemanggilan
Mungkin saja kita dapat kehilangan hubungan dengan informasi dalam memori jangka-panjang. Jadi bagian penting dalam belajar adalah belajar memperoleh hubungan dengan apa yang telah dipelajari. Ini berfungsi untuk memangil informasi yang telah dipelajari sebelumnya.

6. Fase Generalisasi
Biasanya informasi itu kurang nilainya jika tidak dapat diterapkan di luar dari informasi itu dipelajari. Generalisasiatau transfer informasi pada situasi-situasi baru merupakan fase kritis dalam belajar. Transfer dapat ditolong dengan memintapara siswa untuk menggunakan informasi dalam keadaan baru.

7. Fase Penampilan
Siswa harus memperhatikan bahwa mereka telah belajar sesuatu melalui penampilan yang tampak.

8. Fase Umpan Balik
Para siswa memperoleh umpan balik tentang penampilan mereka yang menunjukkan apakah mereka telah atau belum mengerti tentang apa yang diajarkan.

Berdasarkan teori yang dikemukakan Robert Gagne mengenai delapan fase tindakan belajar saya akan mengidentifikasi pengalaman saya yang berkaitan dengan teori ini. Teori yang dikemukakan gagne sesuai dengan proses pembelajaran yang saya ikuti pada mata kuliah psikologi belajar. Dosen menerapkan kondisi yang ditawarkan diatas. Dosen memberikan motivasi kepada mahasiswa dengan menghadirkan reinforcement dalam proses pembelajaran seperti memberikan hadiah dan hukuman. Dosen membuat bagian-bagian esensial dari teori yang akan dipelajari, hal tersebut hingga tahap kedelapan yaitu umpan balik. Fase ini dosen memberikan umpan balik kepada mahasiswa mengenai topik yang diberikan

0 komentar:

Posting Komentar